Antivirus For Netbook

posted Jul 12, 2010, 7:50 PM by Anthony Samuel

Akhir-akhir ini netbok semakin digemari oleh masyarakat karena selain bentuknya yang mungil dan praktis, harga dari netbook relatif lebih murah dibandingkan dengan notebook-notebook yang terdapat di pasaran. Apalagi netbook sekarang sudah dianggap cukup bagi masyarakat untuk melakukan tugas atau pekerjaan mereka masing-masing. Data pada tahun 2008 juga menunjukkan bahwa penjualan netbook selalu meningkat setiap bulannya. Hal ini menunjukkan bahwa netbook sudah menjadi salah satu alternatif masyarakat dalam memilih computer.

Kelemahan Netbook

Netbook menggunakan prosessor khusus di dalamnya. Biasanya mereka menggunakan prossesor ultra-low voltage seperti Intel Atom ataupun Athlon Neo. Hal ini menyebabkan kemampuan dari netbook pun terbatas. Netbook tidak bisa menjalankan program yang membutuhkan kapasitas memori yang besar. Biasanya hal ini tidak menjadi masalah yang besar bagi para pengguna netbook. Apalagi biasanya mereka hanya menggunakan program-program yang ringan seperti MS Office ataupun digunakan untuk menjelajahi dunia maya. Tetapi hal ini menyebabkan para pengguna netbook melupakan untuk menginstall antivirus pada netbook mereka. Antivirus konvensional memang memakan resource memory yang cukup besar dan membuat kinerja netbook menjani lambat dan membebani netbook itu sendiri. Pengguna netbook pun enggan untuk menginstall antivirus pada netbook mereka.

 

Masalah Virus

Keengganan pengguna netbook dalam menginstall antivirus sebenarnya berakibat fatal. Apalagi sekarang ini virus berkembang dengan cepat. Sejak tahun 2000, perkembangam virus berlipat ganda. Bahkan pada tahun 2008 sampai 2009, jenis-jenis virus baru berlipat hingga 64 kali. Selain itu, bila dahulu virus hanya bersifat jokes, lalu berevolusi menjadi perusak file, maka pada saat ini virus sudah menjadi alat orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak criminal.Virus sudah bisa dipakai untuk mencuri data dari komputer seseorang. Celakanya, untuk membuat virus, tidak diperlukan kemampuan IT yang tinggi. Bahkan seorang biasa pun dapat membuat virus yang bisa digunakan untuk melakukan kejahatan. Bila komputer sudah terinfeksi virus, maka akibatnya banyak, misalnya kapasitas memory atau hard disk yang dimakan, kecepatan browsing yang menurun drastic, registry windows yang rusak, dan yang paling parah adalah data-data penting yang dicuri, misalkan nomer kartu kredit bila anda sering berbelanja online, akun dan password dari beberapa situs anda, atau dokumen-dokumen penting yang anda miliki.

 

Panda Antivirus for Netbooks

Jadi apa yang harus dilakukan pengguna netbook? Bila kita menginstall antivirus, maka komputer kita akan menjadi lambat, tapi bila kita tidak menginstall antivirus maka netbook kita menjadi sasaran empuk untuk dieksploitasi para hacker. Diambil dari persoalan itulah akhirnya Panda Security memberi solusi yaitu adalah Panda Antivirus for Netbooks. Panda Antivirus for Netbooks ini sudah diitegrasikan dengan Intel Atom, dan juga Panda Antivirus for Netbooks ini  menggunakan resource yang kecil dalam penggunaanya, sehingga netbook anda tidak akan terganggu dan aktivitas anda tidak akan terhambat. Selain itu, teknologi Collective Intellegence dan TruPrevent 2.0 dari Panda Security sangat handal untuk menghadapi virus lokal dan internasional.

Collective Intellegence

Teknologi Collective Intellegence dari Panda Security sendiri adalah sebuah sebuah database yang  bekerja secara online dan realtime. Database ini  menyimpan semua jenis signature files, menyimpan semuanya secara minimum. Semua pengguna Panda adalah sebuah sensor untuk malware baru, lalu mengirimkan data tentang malware tersebut kembali ke dalam cloud (server).

Panda Security adalah vendor antivirus pertama yang menerapkan hal ini. Infrastruktur, pengetahuan, dan pengalaman untuk mengaplikasikan Collective Intellegence telah merambah ke berbagai produk komersial.

Teknologi yang sekarang ini sebenarnya memiliki sebuah kelemahan, yaitu kita harus terserang virus dahulu sebelum dapat menghapusnya, sehingga teknologi ini tidak dapat melindungi anda kita dari ancaman virus yang belum terdaftar dalam database virus tersebut.

TruPrevent 2.0

Tetapi Panda Security berhasil mengatasi masalah tersebut. Dengan teknologi TruPrevent, kelemahan-kelemahan tersebut dapat tertutupi dan melindungi anda dari serengan-serangan virus yang belum diketahui  asal muasalnya.

Teknologi TruPrevent memberikan layer kedua untuk menganalisa perilaku dari semua program yang ingin masuk ke komputer anda dan menge-block semua program yang memberikan dampak negatif pada komputer anda.

Selain itu Panda Security juga memiliki Anti Banking Trojan sehingga membuat anda dapat melakukan transaksi online taupun online banking dengan aman. Panda USB vaccine yang juga disertakan dalam Panda Antivirus for Netbooks memberikan keamanan ekstra dari virus yang berasal dari USB storage device seperti flash disk atau hard disk eksternal.

Dengan harga yang relatif terjangkau, Panda Antivirus for Netbooks adalah pilihan tepat bagi para penggemar netbook untuk memberikan perlindungan ekstra bagi netbook anda.

Comments